Sabtu, 29 November 2008

Pesilat Indonesia Memukau Warga Moskow

Rabu, 08 November 2006 22:04

Kapanlagi.com - Tim Pesilat Indonesia yang dipimpin Ketua Persekutuan Pencak Silat Antar Bangsa Eddie M. Nalapraya dalam penampilannya pada Festival Seni Beladiri Internasional Terbuka ke-4 di Moskow, Federasi Rusia, telah memukau warga Moskow. Dalam siaran pers yang diterima ANTARA Jakarta, Rabu (08/11), dari KBRI Moskow diungkapkan penampilan tim silat Indonesi tersebut mendapat sambutan yang luar biasa dari warga Moskow yang menyaksikan festival.
Para pesilat Indonesia tersebut memperagakan gerakan seni beladiri, baik tanpa maupun dengan menggunakan senjata (golok, toya dan pecut). Kecepatan dan keluwesan gerakan, baik perorangan maupun beregu serta dalam bentuk 'perkelahian' telah mengundang decak kagum dan antusias penonton.
Festival ini bertujuan antara lain untuk mempopulerkan dan mengembangkan seni beladiri kepada masyarakat Federasi Rusia, serta mempererat hubungan dan kerjasama diantara organisasi beladiri di dunia.
Berbagai jenis olaharaga beladiri yang dipertunjukkan pada Festival adalah sambo, karate, judo dan jiujitsu, capoeira, taekwondo, wushu, kung fu, kobudo, ninjutsu, kendo, taibo, kick boxing, pencak silat Indonesia, anggar dan taichi-chuan.
Tim pesilat Indonesia terdiri atas delapan orang pesilat berasal dari empat perguruan pencak silat Indonesia yaitu Perguruan Pencak Silat 'Pamur', Perguruan Pencak Silat 'Tiga Berantai', Perguruan Pencak Silat 'Panglipur', Perguruan Pencak Silat 'Ciung Wanara' yang ditampilkan pada sesi penutup dan merupakan acara puncak Festival telah mendapat sambutan yang sangat meriah dan memukau penonton masyarakat Moskow.
Partisipasi pesilat Indonesia dalam Festival Seni Beladiri Internasional Terbuka ke-4 di Federasi Rusia merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya pada bulan Agustus 2004 pesilat-pesilat Indonesia hadir pada festival serupa yang juga dipimpin oleh Presiden Persilat Eddie M. Nalapraya dimana pada kesempatan tersebut yang bersangkutan membuka secara resmi Perwakilan Federasi Pencak Silat di Federasi Rusia yang diketuai oleh Valery Maystrovoy.
Berdirinya organisasi pencak silat di Federasi Rusia berawal dari kegiatan-kegiatan latihan pencak silat yang diselenggarakan oleh staf KBRI Moskow, mahasiswa dan masyarakat Indonesia di Federasi Rusia. Pencak silat sering ditampilkan dalam acara-acara promosi seni dan budaya Indonesia kepada masyarakat setempat yang diselenggarakan KBRI Moskow, yang kemudian telah menarik minat masyarakat setempat.
Festival ini diliput oleh media cetak dan elektronik Federasi Rusia, antara lain majalah olahraga beladiri Black Belt, TV TNT, TV Stolitsa dan NTV. Presiden Persilat Eddie M. Nalapraya telah diwawancara khusus oleh televisi TNT dan majalah Black Belt. (*/lpk)

1 komentar:

waaah Hebat!
jadi ikutan bangga

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More